Tugas 1

Pengertian Penulisan dan Perbedaan antara Iklan Komersial & Non-Komersial

Penulisan / Kegiatan menulis adalah kegiatan membuat huruf (angka) dengan menggunakan alat tulis di suatu sarana atau media penulisan guna penyampaian pesan (ide, pikiran, perasaan, atau informasi) secara tertulis kepada pihak lain. Orang yang melakukan pekerjaan menulis disebut Penulis.

***

Iklan adalah suatu pesan tentang barang atau jasa (produk) yang dibuat oleh produsen/pemrakasa yang disampaikan lewat media (cetak, audio, elektronik) yang di tujukan kepada masyarakat.

Iklan pertama kali diperkenalkan di nusantara oleh Gubernur Jenderal Hindia-Belanda periode 1619 – 1629, Jan Pieterszoon Coen. J.P. Coen juga adalah penerbit Bataviasche Nouvelle, surat kabar pertama di Indonesia yang terbit tahun 1744, satu abad setelah J.P. Coen meninggal.

 

Perbedaan Iklan Komersial dan Iklan Non-Komersial :

Iklan Komersial

Iklan komersial adalah iklan yang bertujuan untuk mendukung kampanye pemasaran suatu produk atau jasa. Iklan komersial ini sendiri terbagi menjadi beberapa macam, yaitu :

  • Iklan Strategis >>>Digunakan untuk membangun merek. Hal itu dilakukan dengan mengkomunikasikan nilai merek dan manfaat produk. Iklan ini mengundang konsumen untuk menikmati hubungan dengan merek serta meyakinkan bahwa merek ini ada bagi para pengguna.

Contoh Iklan Strategis :

(Gambar 1.1 Iklan Kamera DSLR dari Canon Tipe EOS 500D)

(Gambar 1.2 Iklan dari beberapa penjualan produk Windows 8)

(Gambar 1.3 Iklan produk powder liner dari REVLON)

  • Iklan Taktis >>>Memiliki tujuan yang mendesak. Iklan ini dirancang untuk mendorong konsumen agar segera melakukan kontak dengan merek tertentu. Pada umumnya iklan ini memberikan penawaran khusus jangka pendek yang memacu konsumen memberikan respon pada hari yang sama.

Contoh Iklan Taktis :

(Gambar 2.1 Iklan Dept. Store Matahari yang menawarkan diskon pada produk-produk yang dijual jika memiliki potongan kartu khusus yang disediakan)

(Gambar 2.2 Iklan Kamera DSLR Canon EOS 500D yang menawarkan paket bonus jika melakukan pembelian dalam jangka waktu satu bulan)

(Gambar 2.3 Iklan promosi produk tas kertas dengan pembelian banyak dengan tampilan logo perusahaan atau perorangan yang memesan dari perusahaan Arena Tas Kertas)

.

Iklan Non-komersial

Iklan Non-komersial biasa disebut juga sebagai Iklan Sosial atau Iklan Layanan Masyarakat. Iklan layanan masyarakat ini tidak bertujuan untuk menawarkan barang dan jasa. Biasanya iklan ini bertujuan untuk pencapaian kondisi berkehidupan yang lebih baik (menurut pemasang iklan).

Contoh Iklan Non-komersial :

(Gambar 3.1 Iklan imbauan untuk berhenti merokok)

(Gambar 3.2 Iklan anti Narkoba)

(Gambar 3.3 Iklan mengenai Pemanasan Global)

 

Sumber “Penulisan” :

https://www.facebook.com/basthilgroup/posts/380604765294638

http://id.wikipedia.org/wiki/Penulis

 

Sumber “Iklan” :

http://id.wikipedia.org/wiki/Iklan

http://id.wikibooks.org/wiki/Subjek:Bahasa_Indonesia/Materi:Iklan

http://communicationista.wordpress.com/2009/07/01/fungsi-dan-peran-iklan/

http://brainly.co.id/tugas/44792

4 thoughts on “Pengertian Penulisan dan Perbedaan antara Iklan Komersial & Non-Komersial

Silakan berkomentar...